over 1 year ago

Termometer infrared (juga dinamakan termometer radiasi) menggoda temperatur/suhu dengan melafalkan pancaran panas yang dikeluarkan oleh obyek. Hal ini menaruh kemampuan bekerja pada suatru jarak, tanpa harus bertemu dengan obyek-nya.

Termometer ini dapat dimanfaatkan untuk:

  • Menyengat. Men-cek temperatur sup, permen, oven, pemanggangan, barbeque, Bajan, dll.
  • Deteksi kebocoran panas. men-cek insulasi pagar dan AC; mendeteksi kebocoran udara pada rumah-rumah, lemari pendingin dan freezer. Tidak kudu menyelakkan puluhan juta rp untuk satu buah pemotret thermal imaging.
  • Pertanyaan pada mesin-mesin, motor, aturan tegangan tinggi dan elektronik.

Termometer ini tidak dapat dimanfaatkan untuk menjajal guru ambang udara karena dapat terbina masalah dengan benda yang berkilau Hanya( termometer sudah dikalibrasi dengan tepat untuk obyek tsb). Kendatipun dapat diperlukan umpama termometer dahi, termometer infrared umum tidak cukup betul untuk pemakaian medis. Termometer klinik untuk hal ini sangat dibutuhkan Suri teladan( Thermofocus, Extech).

Umum, padahal tidak Segenap, memiliki pointer laser untuk mengusahakan menyasarkan termometer pada obyek (oleh sebab itu sering dinamakan termometer laser). Populer wujudnya seperti satu buah pistol, lengkap dengan pemicu-nya untuk menghidupkan Pemeriksaan, serta cukup remaja untuk dimasukkan ke dalam saku Lancingan. Semua termometer infrared yakni jenis elektronik digital. Harganya dimulai segenap 600 ribu-an untuk motif konsumer dan dapat menggerapai hingga jutaan rupiah untuk type industrial dan Ulung. merk yang cukup termasyhur diantaranya Raytek (MiniTemp), Fluke, Actron (PocketTherm), ThermoTech, Mastercool, Extech, Taylor, CDN, IRtek dan Cen-Tech.

Akurasi dan Rentang Pengukuran Termometer Infrared

Di samping kenyamanan dan keamanan-nya, termometer infrared sangat jamak karena rentang pengukuran-nya yang lebar. Sejumlah turutan dari corak sesungguhnya:

-20 ~ 260 derajat Celcius
-30 ~ 500 derajat Celcius
-50 ~ 1000 derajat Celcius

Termometer ini singular harus tetap dalam master tempat yang hangat biasa dengan maksud agar dapat bekerja dengan tepat. Resolusi-nya dapat bervariasi dari 0.1 surut 1 derajat Celcius. Bagaimanapun akurasi-nya galibnya lebih atau rugi seputar derajat.

Untuk pembacaan yang Jujur, tingkatan noktah pengukuran harus Didapati. Hal ini berubah setimpal jarak. Distance-to-spot ratio mewajibkan lebar tutul pada jarak-jarak yang berbeda.

Rentang distance-to-spot berkisar dari 1:1 mundur 50:1, dengan 6:1 menghilir 12:1 yang menjadi Umumnya untuk macam konsumer. Rasio yang lebih besar rata rata lebih baik, mengizinkan menyelidiki benda-benda remaja seperti pipa, kabel, butir elektronik tanpa mendepak temperatur obyek di belakangnya.

Fitur-Fitur dan Pemakaian Termometer Infrared

Standar termometer varietas ini dihidupkan dengan mengejutkan pemicunya:

Semua akan menuturkan hasil pengukuran dan memakzulkan penampakan layar untuk segenap detik biar hasil pengukuran mudah terbaca.

Yang lain akan terus Menilai, dengan cara automatic memperbarui angka bentuk layar sama seperti cahaya laser berjerih payah pada kualitas benda yang sederhana diukur. Melepas pemicunya akan menyampaikan bentuk angka pada layar.

*Fitur-fitur yang profitabel diantaranya:

  • Penampilan layar Celcius dan Fahrenheit yang dapat diubah.
  • Penampakan layar guru maksimum yang diukur.
  • Penampilan lampu latar.
  • Tali strap.
  • Baterai AA atau AAA dan 9 volt.
  • Power off automatis untuk menghemat usia baterai.*

Untuk men-tes aturan HVAC dan insulasi rumah, cara "detektor kebocoran Guru juga tersedia:

** Suhu/temperatur bintik acuan diukur.

  • Termometer disorotkan ke seluruh Kualitas. Pada ranah yang lebih panas dari tutul acuan, warna cahaya laser berubah dari hijau menjadi merah. Pada tempat yang lebih dingin lampu berubah menjadi biru.
  • Kepekaan mutasi warna dapat diatur.*

Master maksimum dapat lebih rendah dibanding dengan model-model lain, rupa-rupanya 300 derajat Fahrenheit. Termometer juga berfungsi asalkan termometer infrared standar, melorotkan pembacaan nilai digital dari temperatur.

Kalibrasi dan Penataan Emisivitas Termometer Infrared

Termometer kategori industrial dapat dikalibrasi untuk akurasi yang lebih tinggi. Kalibrasi dilakukan dengan membuatkan emisivitas Bersambung( dengan daya pantulan) dari obyek yang pertengahan diukur. Inilah kenapa termometer yang tidak dikalibrasi tidak dapat menakar dengan jujur hawa obyek yang berkilau.

← Aplikasi Keuangan Membantu Bisnis Anda Berikut Tips Memilih Alat Bengkel Yang Tepat →